Mata Pelajaran : Elemen Mesin
Semester :
2
Pertemuan Ke –
: 2
Alokasi Waktu : 15 menit
Standar Kompetensi
: Memahami rancangan
bantalan atau bearing
Kompetensi Dasar : Menguasai rancangan bantalan atau bearing
Indikator
·
Menjelaskan sejarah
pertama kali bantalan/ bearing di gunakan
·
Menjelaskan pengertian
bantalan / bearing
·
Menyebutkan mekanisme
bantalan dalam
mengatasi gesekan
·
Menjelaskan pengertian
dari bantalan luncur dan contoh – contoh bendanya
·
Menjelaskan pengertian
dari bantalan gelinding dan contoh -
contoh bendanya
·
Meyebutkan perbedaan
dari bantalan luncur dan bantalan gelinding
Tujuan
Pembelajaran
1. Diberikan soal, siswa dapat menjelaskan sejarah pertama kali bantalan/
bearing di gunakan
2. Diberikan soal tentang bantalan luncur , siswa dapat menjelaskan pengertian
dari rancangan bantalan luncur
3. Diberikan soal tentang bantalan luncur , siswa dapat menjelaskan macam – macam jenis bantalan luncur
4. Diberikan soal tentang bantalan gelinding , siswa dapat menjelaskan
pengertian dari rancangan bantalan gelinding
5. Diberikan soal tentang bantalan luncur ,
siswa dapat menjelaskan macam – macam contoh jenis utama dari bantalan
gelinding
6. Diberikan soal, siswa dapat menyebutkan perbedaan dari bantalan luncur dan
bantalan gelinding
Materi Ajar
A. Menjelaskan
sejarah pertama kali bantalan/ bearing di gunakan
Sejarah
penggunaan bantalan untuk mengurangi efek gesekan dapat ditelusuri dari hasil penemuan kereta sederhana yang
telah berumur 5000 tahun di Euphrates di dekat sungai tigris. Penggunaan
bantalan yang lebih maju terlihat pada kereta Celtic sekitar 2000 tahun yang lalu seperti
ditunjukkan pada gambar 11.1. Kereta ini
menggunakan bantalan kayu dan pelumas dari lemak hewan.
gambar
11.1
B. Menjelaskan bantalan / bearing
Pada
suatu peralatan/mesin dapat dipastikan bahwa terdapat banyak komponen yang
bergerak baik dalam bentuk gerakan angular maupun gerakan linear. Gerakan
relatif antar komponen mesin akan menimbulkan gesekan, dimana gesekan ini dapat
menurunkan efisiensi mesin, meningkatnya temperatur, keausan, dan berbagai efek
negatif lainya. Gesekan antara komponen mesin tersebut dapat diminimalkan
dengan menggunakan bantalan atau bearing
C. Menjelaskan mekanisme
bantalan dalam mengatasi
gesekan
Terdapat
dua jenis mekanisme yang digunakan bantalan dalam mengatasi gesekan yaitu:
-
Bantalan luncur
-
Bantalan gelinding
D. Menjelaskan pengertian dan konsep
dari bantalan luncur
Pada
bantalan ini terjadi gesekan luncur antara poros dan bantalan karena permukaan
poros ditumpu oleh permukaan bantalan dengan perantara lapisan pelumas.
Bantalan luncur mampu menumpu poros berputaran tinggi dengan beban yang besar
Untuk mekanisme sliding, dimana
terjadi gerakan
relatif antar permukaan, maka penggunaan pelumas memegang peranan yang sangat penting.
Sliding
bearing atau sering juga disebut plainbearing terdiri atas dua jenis yaitu:
Journal atau sleeve
bearing,
yang bentuknya silindris dan menahan beban radial (yang tegak lurus terhadap
sumbu poros)
Thrust bearing, yang bentuknya
biasanya datar, dimana pada kasus poros yang berputar, dapat menahan beban yang
searah dengan sumbu poros.
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemilihan bahan
bantalan luncur:
- Harus
tahan aus
- Tahan
karat
-
Mempunyai koefisien gesek kecil
- Mampu
bekerja pada temperatur tinggi
Contoh
logam yang memenuhi syarat tersebut:
Bronze / perunggu (
paduan tembaga dengan timah putih)
Babbit ( paduan timah
putih,antimory dan tembaga)
Aluminium paduan
Paduan tembaga dengan
cadmium/ perak
Besi tuang
Bahan non logam ;
nylon dan teflon
E. Menjelaskan pengertian dan konsep
dari bantalan gelinding
Pada
bantalan gelinding terjadi gesekan gelinding antara bagian yang berputar dengan
yang diam melalui elemen gelinding seperti bola ( peluru ), rol
atau rol jarum atau rol bulat. Sedangkan mekanisme rolling, dimana tidak boleh terjadi gerakan relatif antara pemukaan yang
berkontak, peran pelumas lebih kecil. Bentuk pelumas dapat berupa gas, cair
maupun padat.
F. Meyebutkan perbedaan
dari bantalan luncur dan bantalan gelinding
1.
Bantalan Luncur
- harga
tidak terlalu mahal
- mudah
aus, koefisien gesek besar
-
pelumasan sulit, membutuhkan alur khusus
-
pemeliharaan sukar
-
putaran rendah
- beban
yang diterima lebih kecil
-
penggantian sukar
2.
Bantalan Gelinding / Antifriction bearing
- harga
lebih mahal
-
koefisien gesek kecil
-
pemeliharaan tidak sukar
- mampu
putaran tinggi
- mampu
menerima beban besar
-
pemasangan harus sepresisi mungkin
- tidak
mudah pecah
Metode
Pembelajaran
A. Ceramah :
Untuk menjelaskan sejarah pertama kali bantalan/ bearing di gunakan,
menjelaskan pengertian dari bantalan, menjelaskan klasifikasi bantalan
berdasarkan gerakan bantalan terhadap poros, menjelaskan konsep dari rancangan
bantalan luncur, menjelaskan konsep dari rancangan bantalan gelinding,
menjelaskan perbedaan dari bantalan luncur dan bantalan gelinding.
B. Semi - Praktek
Untuk
menjelaskan cara kerja dari bantalan luncur dan bantalan gelinding.
C.Tanya Jawab :
Memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi pelajaran yang
belum dipahami dan guru menanyakan
kepada siswa untuk mengetahui apakah yang dijelaskan sudah dimengerti siswa
C. Latihan soal :
Siswa diberikan soal untuk mengetahui atau untuk mengukur sejauh mana siswa
dapat memahami pelajaran yang telah disampaikan oleh guru
Langkah – langkah
pembelajaran
A. Kegiatan Awal : Guru menanyakan kepada siswa pengertian
bantalan secara umum
B. Kegiatan Inti :
Guru
|
Siswa
|
1. Menjelaskan sejarah pertama kali bantalan digunakan
|
Memperhatikan dan bertanya
|
2. Menjelaskan pengertian bantalan dan macam –
macam mekanisme bantalan
|
Memperhatikan dan bertanya
|
3. Menjelaskan pengertian dari rancangan bantalan
luncur dan contoh - contohnya ( dengan benda )
|
Memperhatikan dan bertanya
|
4. . Menjelaskan konsep dari rancangan bantalan
gelinding dan contoh - contohnya ( dengan benda )
|
Memperhatikan dan bertanya
|
5. Menjelaskan perbedaan bantalan luncur dan bantalan
gelinding
|
Memperhatikan dan bertanya
|
C. Kegiatan Akhir : Guru memberikan ringkasan atas materi
yang telah diajarkan dan diberikan
soal yang terkait dengan pelajaran yang sudah diajarkan
Alat / Bahan /
Sumber Belajar
· Benda bantalan luncur dan gelinding
· Buku pelajaran
· LKS
· Lingkungan sekolah
Penilaian
- Objektif tes (tes setelah materi pembelajaran diterangkan
- Tugas mingguan (individu dan kelompok)
Tugas Mingguan
Cari ( minimal 10 benda bearing ) ,
jelaskan cara kerja dan kegunaannya !
Objektif tes
1. Jelaskan sejarah pertama kali diciptakannya bantalan /
bearing !
2. Jelaskan pengertian dari bantalan / bearing !
3.
Sebutkan dan jelaskan mekanisme bantalan
/ bearing dalam mengatasi gesekan !
4. Sebutkan perbedaan dari bantalan luncur dan bantalan gelinding !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar