Jumat, 24 Mei 2013

RPP Bantalan / Bearing ( Bahan ajar microteaching )



Mata Pelajaran               : Elemen Mesin
Semester                         : 2
Pertemuan Ke –             : 2
Alokasi Waktu                : 15 menit
Standar Kompetensi      : Memahami rancangan bantalan atau bearing
Kompetensi Dasar         : Menguasai rancangan bantalan atau bearing

Indikator
·     Menjelaskan sejarah pertama kali bantalan/ bearing di gunakan
·     Menjelaskan pengertian bantalan / bearing
·     Menyebutkan mekanisme bantalan dalam mengatasi gesekan
·     Menjelaskan pengertian dari bantalan luncur dan contoh – contoh bendanya
·     Menjelaskan pengertian dari bantalan gelinding dan contoh -  contoh bendanya
·     Meyebutkan perbedaan dari bantalan luncur dan bantalan gelinding

Tujuan Pembelajaran

1.    Diberikan soal, siswa dapat menjelaskan sejarah pertama kali bantalan/ bearing di gunakan
2.    Diberikan soal tentang bantalan luncur , siswa dapat menjelaskan pengertian dari rancangan bantalan luncur
3.    Diberikan soal tentang bantalan luncur ,  siswa dapat menjelaskan  macam – macam jenis bantalan luncur
4.    Diberikan soal tentang bantalan gelinding , siswa dapat menjelaskan pengertian dari rancangan bantalan gelinding
5.    Diberikan soal tentang bantalan luncur ,  siswa dapat menjelaskan macam – macam contoh jenis utama dari bantalan gelinding
6.    Diberikan soal, siswa dapat menyebutkan perbedaan dari bantalan luncur dan bantalan gelinding

Materi Ajar

A. Menjelaskan sejarah pertama kali bantalan/ bearing di gunakan

Sejarah penggunaan bantalan untuk mengurangi efek gesekan dapat ditelusuri  dari hasil penemuan kereta sederhana yang telah berumur 5000 tahun di Euphrates di dekat sungai tigris. Penggunaan bantalan yang lebih maju terlihat pada kereta Celtic  sekitar 2000 tahun yang lalu seperti ditunjukkan pada gambar 11.1. Kereta ini  menggunakan bantalan kayu dan pelumas dari lemak hewan.

gambar 11.1


B. Menjelaskan bantalan / bearing

Pada suatu peralatan/mesin dapat dipastikan bahwa terdapat banyak komponen yang bergerak baik dalam bentuk gerakan angular maupun gerakan linear. Gerakan relatif antar komponen mesin akan menimbulkan gesekan, dimana gesekan ini dapat menurunkan efisiensi mesin, meningkatnya temperatur, keausan, dan berbagai efek negatif lainya. Gesekan antara komponen mesin tersebut dapat diminimalkan dengan menggunakan bantalan atau bearing

C. Menjelaskan mekanisme bantalan dalam mengatasi gesekan

Terdapat dua jenis mekanisme yang digunakan bantalan dalam mengatasi gesekan yaitu:
- Bantalan luncur
- Bantalan gelinding



D. Menjelaskan pengertian dan konsep dari bantalan luncur


Pada bantalan ini terjadi gesekan luncur antara poros dan bantalan karena permukaan poros ditumpu oleh permukaan bantalan dengan perantara lapisan pelumas. Bantalan luncur mampu menumpu poros berputaran tinggi dengan beban yang besar

Untuk mekanisme sliding, dimana terjadi gerakan relatif antar permukaan, maka penggunaan pelumas memegang peranan yang sangat penting.
Sliding bearing atau sering juga disebut plainbearing terdiri atas dua jenis yaitu:
  Journal atau sleeve bearing, yang bentuknya silindris dan menahan beban radial (yang tegak lurus terhadap sumbu poros)
  Thrust bearing, yang bentuknya biasanya datar, dimana pada kasus poros yang berputar, dapat menahan beban yang searah dengan sumbu poros.


Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemilihan bahan bantalan luncur:
- Harus tahan aus
- Tahan karat
- Mempunyai koefisien gesek kecil
- Mampu bekerja pada temperatur tinggi

Contoh logam yang memenuhi syarat tersebut:
  Bronze / perunggu ( paduan tembaga dengan timah putih)
  Babbit ( paduan timah putih,antimory dan tembaga)
  Aluminium paduan
  Paduan tembaga dengan cadmium/ perak
  Besi tuang
  Bahan non logam ; nylon dan teflon

E. Menjelaskan pengertian dan konsep dari bantalan gelinding

Pada bantalan gelinding terjadi gesekan gelinding antara bagian yang berputar dengan yang diam  melalui elemen gelinding  seperti bola ( peluru ), rol atau rol jarum atau rol bulat. Sedangkan mekanisme rolling, dimana tidak boleh  terjadi gerakan relatif antara pemukaan yang berkontak, peran pelumas lebih kecil. Bentuk pelumas dapat berupa gas, cair maupun padat.






F. Meyebutkan perbedaan dari bantalan luncur dan bantalan gelinding

1. Bantalan Luncur

- harga tidak terlalu mahal
- mudah aus, koefisien gesek besar
- pelumasan sulit, membutuhkan alur khusus
- pemeliharaan sukar
- putaran rendah
- beban yang diterima lebih kecil
- penggantian sukar

2. Bantalan Gelinding / Antifriction bearing

- harga lebih mahal
- koefisien gesek kecil
- pemeliharaan tidak sukar
- mampu putaran tinggi
- mampu menerima beban besar
- pemasangan harus sepresisi mungkin
- tidak mudah pecah


Metode Pembelajaran

A. Ceramah :
Untuk menjelaskan sejarah pertama kali bantalan/ bearing di gunakan, menjelaskan pengertian dari bantalan, menjelaskan klasifikasi bantalan berdasarkan gerakan bantalan terhadap poros, menjelaskan konsep dari rancangan bantalan luncur, menjelaskan konsep dari rancangan bantalan gelinding, menjelaskan perbedaan dari bantalan luncur dan bantalan gelinding.

B. Semi - Praktek
    Untuk menjelaskan cara kerja dari bantalan luncur dan bantalan gelinding.

C.Tanya Jawab :
Memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi pelajaran yang belum     dipahami dan guru menanyakan kepada siswa untuk mengetahui apakah yang dijelaskan sudah dimengerti siswa

C. Latihan soal :
Siswa diberikan soal untuk mengetahui atau untuk mengukur sejauh mana siswa dapat memahami pelajaran yang telah disampaikan oleh guru

Langkah – langkah pembelajaran

A. Kegiatan Awal : Guru menanyakan kepada siswa pengertian bantalan secara umum

B. Kegiatan Inti :


Guru
Siswa
1. Menjelaskan sejarah pertama kali bantalan digunakan
Memperhatikan dan bertanya
2. Menjelaskan pengertian bantalan dan macam – macam mekanisme bantalan
Memperhatikan dan bertanya
3. Menjelaskan pengertian dari rancangan bantalan luncur dan contoh - contohnya ( dengan benda )
Memperhatikan dan bertanya
4. . Menjelaskan konsep dari rancangan bantalan gelinding dan contoh - contohnya ( dengan benda )
Memperhatikan dan bertanya
5. Menjelaskan perbedaan bantalan luncur dan bantalan gelinding
Memperhatikan dan bertanya

C. Kegiatan Akhir : Guru memberikan ringkasan atas materi yang telah diajarkan dan       diberikan soal yang terkait dengan pelajaran yang sudah diajarkan


Alat / Bahan / Sumber Belajar

·   Benda bantalan luncur dan gelinding
·   Buku pelajaran
·   LKS
·   Lingkungan sekolah


Penilaian
  1. Objektif tes (tes setelah materi pembelajaran diterangkan
  2. Tugas mingguan (individu dan kelompok)

Tugas Mingguan

Cari ( minimal 10 benda bearing ) , jelaskan cara kerja dan kegunaannya !


Objektif tes

1. Jelaskan sejarah pertama kali diciptakannya bantalan / bearing !
2. Jelaskan pengertian dari bantalan / bearing !
3. Sebutkan dan jelaskan mekanisme bantalan / bearing dalam mengatasi gesekan !
4. Sebutkan perbedaan dari bantalan luncur dan bantalan gelinding !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar